Cara Seting Server dengan Runcloud

Hallo gan dah lama gak bikin note, Kali ini saya akan bahas setting server dengan runcloud menggunakan vps vultr ya, untuk server lain bisa kok yang penting OS/Sistem Operasinaya ubuntu, lebih jelasnya dibawah :

  • Make sure you are using Ubuntu 16.04/18.04 LTS 64bit (Fresh Server)
  • If you are using VPS, do not use OpenVZ

Harus dipenuhi dulu system requirementnya diatas ya, itu penjelasan dari runcloud. Untuk runcloud ada yang gratis ada yang berbayar, kalau gratis ada beberapa fitur yang gak bisa tapi kalau yang berbayar jelas bisa. Contoh aja saya pakai yang $15 perbulan unlimited domain. Akhir tahun kemarin ada promo dari runcloud setahun sekian dollar murah banget. Oya runcloud itu mirip dengan serverpilot, sangat memudahkan kita untuk setting-setting server, cocok yang gak suka dengan model CLI. Nah kalau yang suka CLI bisa pakai VPSSIM dan Easyengine, tutor dah ada di tutor seblmnya. – Wah mahal mas kalau runcloud yang pro atau yg $15 perbulan, + Ini termasuk murah mas, unlimited domain, kalau serverpilot lebih mahal lagi, atau kalau mau yang sekali bayar coba pake vpssim, atau kalau mau yang gratis pake easyengine. Tutorial berikut mengenai cara : – Setting VPS di VULTR – Login SSH/XSHELL – Install WordPress – Setting Cloudflare – Install IONCUBE LOADER – Install SSL/HTTPS

Melihat Umar sembuh

“Nak, kita berjuang bareng biar kamu sembuh ya. Ibu gak tega kalo liat Umar gak sadarkan diri dan sulit napas” – Rosyidah, Ibu Umar.
———-
Umar, bayi 20 bulan, mengidap radang otak, hidrosefalus, dan penyempitan saluran napas.

Awalnya, saat usia 9 bulan, Umar batuk dan sesak napas selama 3 bulan karena Pneumonia.

Lalu, Umar panas tinggi dan ada bercak merah di lidahnya. Ternyata, Umar mengalami lidah kelilit dan dilakukan operasi Tongue-Tie di RSUD Sidoarjo.

Namun setelah operasi, Umar terus dehidrasi, kesadarannya menurun drastis, dan gagal pernapasan. Operasi trakeostomi (pelubangan batang tenggorokan) pun dijalani Umar.

Kondisi Umar yang tak kunjung membaik, membuat dokter melakukan CT Scan. Hasilnya, Umar sakit Meningoensefalitis (radang otak) dan hidrosefalus.

Dokter berusaha keras cari jalan keluar selain operasi untuk mengurangi cairan di kepala Umar. Alternatifnya, Umar tidak boleh putus berobat dan kontrol untuk saat ini.

Sementara, untuk penyembuhan radang otak, Umar harus rutin diberikan antibiotik dan terapi sampai infeksi bersih.

Yang dikhawatirkan adalah pernapasan Umar yang tak normal. Karena hanya bisa bernapas lewat alat bantu, Pneumonia berulang akan mengancam Umar.

Meski memiliki BPJS, ada obat yang tidak tercover. Segala kebutuhan selama Umar sakit berusaha dipenuhi oleh ibu, serta ayah Umar, yang bekerja di panti sosial dengan penghasilan 2 jt/bulan.

Tapi, biaya pengobatan yang diluar kemampuan ayah dan ibu Umar tak akan menyurutkan harapan mereka untuk melihat Umar sembuh.

Solusi untuk si rambut kering

solusi untuk si rambut kering

Keramas Seperlunya

Jangan mengira rambut yang indah dan sehat berawal dari mengulang-ulang berbagai kegiatan seperti keramas. Sebetulnya tanpa kamu sadari, menggunakan shampo terlalu sering bisa menjadi penyebab rambut kering. Masalah tersebut bisa muncul akibat terangkatnya minyak alami telah diproduksi oleh kulit kepala dan shampo. Oleh karena itu, paling tidak anda harus keramasi rambut maksimal tiga hari dalam seminggu.

Gunakan Kondisioner

Walaupun dampak pada orang yang berbeda kondisioner hanya memulihkan kilau dan rambut lurus dalam sesaat, tidak pernah ada salahnya kakak mencoba, siapa tahu rambut kakak akan terbenahi permasalahannya dengan rambut rambut kering.

Menggunakan Masker Rambut

Sebenarnya lebih tepat mengenakan krim rambut, karena masker lebih identik dengan wajah.

Untuk mengatasi rambut kering. saat ini sudah banyak tersedia extrak buah buahan dan sayuran untuk mengatasinya Sebagai contoh, lidah buaya.

Lidah buaya sangat populer di telinga masyarakat akan manfaatnya untuk mengatasi berbagai gangguan yang menimpa rambut, termasuk rambut kering.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara membelah satu batang lidah buaya menjadi dua bagian. Selanjutnya aplikasikan satu persatu tanaman lidah buaya yang sudah dibelah tadi pada rambut, pastikan agar gel atau dagingnya mengenai seluruh helai rambut dari atas, bawah hingga samping. Tunggu sejenak sambil membaca buku baru dibilas dengan air dingin.

Perjuangan seorang Ayah

Perjuangan seorang Ayah
Moga moga Alllah swt memberikan kekuatan dlm menjalani profesinya, dan laris dagangannya..

Bapak yg jualan cobek batu seharga 10.000,dg menggendong anak balita nya, keliling dg beban yg berat.

Pak wisnu nama beliau, dengan memikul berat nya Cobek batu dia juga menggendong anaknya, dan ibu si anak berada di kota kebumen jawa tengah..

Sehari-hari pak wisnu ini keliling di wilayah sidoarjo..

Silahkan bantu bagi yang rezekinya lebih. Bantu share biar dagangannya cepat laku…

Berbuat baiklah kepada siapa saja karena kita tidak tahu perbuatan baik yang mana yang akan mengantarkan kita ke surga. Nenek ini bernama nenek nurhasanah, berumur 100th, walaupun sudah renta, tapi tetap mencari rejeki tanpa meminta minta, dokan semoga sang nenek tetap istiqomah yah, moga rezekinya mencukupi, amin. Bantu share biar doanya makin banyak

Bertawakal tapi kenapa masih belum dicukupi oleh Allah

kita sudah bertawakal tapi kenapa masih belum dicukupi oleh Allah?
sebelum pertanyaan ini dijawab perlu kita introspeksi selama ini kita hanya kerja keras atau tawakal? dua hal yang berbeda namun seringkali Dianggap sama. untuk itu kita akan belajar dari tawakkalnya burung yang diisyaratkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. apa sih Yang Rosulullah maksud dengan tawakkalnya burung. saya perhatikan burung-burung tersebut tidak ada yang stress dalam mencari makan belum pernah saya ketemu burung lagi galau di pinggir jalan sambil memegangi kepalanya atau menggerutu, ampuuuun dunia ini makin sulit aja cari makan, jam segini belum makan, laper pisan euy. He he he saya belum pernah ketemu tuh burung spt itu. Blm ada di koran atau berita di medsos tentang seekor burung yang stress gara2 makanan sulit dicari. He he he….

Sebaliknya justru yang sering kita temui stress dan ingin bunuh diri adalah manusia bro. Padahal manusia itu lebih sempurna dari burung punya akal tangan, kaki, kesempatan, ijazah dan lain-lain. kenapa malah manusia yang stress? dan ini aneh

Mereka sama-sama berikhtiar, manusia dan burung namun ada yang membedakan yaitu burung enggak pakai stres

Perhatikanlah ketika burung pergi keluar dari sarangnya apa dia tahu rejekinya ada dimana? tidak kan. dia hanya keluar saja Menurut instingnya ketika dia pergi ketempat A dan tidak menemukan makanan ia pindah ke tempat B dan seterusnya. Nggak sakit hati tuh dia. sedangkan manusia ketika enggak dapat yang diinginkannya langsung tertekan.

Kenapa tertekan? karena ia *menggantungkan* hasil nya bukan kepada Allah melainkan kepada ikhtiar nya sendiri. tanda seorang hamba bergantung kepada ikhtiarnya sendiri adalah ketika dia melakukan ikhtiar tersebut namun hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan hatinya kecewa. inilah yang membedakan ikhtiar kita dengan ikhtiar burung. burung menggunakan tawakal sedangkan manusia menggunakan akal atau kerja keras. jadi seharusnya jika ingin dicukupi maka gunakanlah ikhtiar Iman maksimal seperti burung yaitu berusahalah maksimal namun Jagalah Hati tetap menghadap kepada Allah. hasil itu urusan Allah sedangkan tugas kita hanyalah menyempurnakan ikhtiar dan bersihkan segala Harapan kepada selain Allah

Seperti ibuku mencintai bapakku

Ibu baru selesai sarapan
Iya ibuku di usianya yg sdh 79th belio masih produktif, masih jualan nasi kuning
Nasi kuning isi telur dadar sedikit, tempe kering sedikit dan bihun,seharga 4ribu..
Iya setiap hari ibu bikin 40bungkus yg 5 bungkus utk sarapan yg 35 bks dijual..
Kadang habis, kadang sisa.. 2 apa 3
Namanya jualan memang gak tentu..
Kami 8 anaknya sebetulnya keberatan kalau ibuk masih jualan.. Tapi jawaban ibu cukup telak..
Bapakmu walaupun wis sedo suwe tekan saiki isih nafkahi ibumu.. Cukup nek mik nggo butuh ibu ki…
Nek ibumu iki ora dodol melaske cah kost, bakule krupuk, cah sekolah nek do mrene golek sarapan kecelik..
do wis dijagakne..
Melaske sakjane do iso sarapan terus ra sido..
Trs nek ibumu iki ra dodoln sarapan ket jam setengah 3 kok suwii rasane nunggu padang..
Nek karo dodol ngene, bar tahajud, numpangke sego, tempe wis digoreng bar magrib, gari matengi.. Karo nunggu subuhan,bar subuh mbungkusi, jam 6 wis siap.. Makane le dodol yo mik 40 bungkus sak kuate ibuk wae..
Bar dagangan siap.. Ibuk siram.. Nunggu wektu dhuha, bar sholat,ibu selalu menyempatkan diri baca Quran.. Entah dapet brp lembar semampu penglihatan belio.. Selesai dhuha yo leyeh2 dilit ngeluk boyok..
Sekitar jam 10 ibuk pasti duduk diteras.. Menunggu waktu dhuhur
Waktu sy pulang ke jogja..sekitar jam segitu.. Bakule gethuk liwat pulang dr pasar.. Mesti mmpir gethuk sebungkus dikasihan ke ibuk..
Bakul buah mampir,pelem 2 biji dikasih ke ibuk..bakul jajan liwat mampir.. Begitu seterusnya.. Kok. Lama2 diteras penuh jajanan..
Gak lama ada anak2 main dipanggil sama ibuk.. Le mrene.. Iki doyan gethuk pora? Ono jadah, tiwul dll..
Anak2 kecil itu dgn suka cita mereka ambil yg mrk mau..
Sekali waktu sisa nasi kuning masih ada 2 bungkus..
Si mbok bakul pulang dr pasar.. Dipanggil ibuk.. Mbok.. Mrene.. Kuwi le nggotong tenggok wis kemringet.. Kene nyarap sik iki ono sego kuning.. Dan simbok itu mampir.. Sekalian ibuk nyuruh adekku bikin teh anget..
Jadi lah simbok sarapan nasi kuning +teh anget..
Kl sy perhatikan selama sy duduk diteras sambil ngobrol sama ibuk.. Banyk kejadian yg kyknya sepele..
Ibuk yg ngasih sarapan bakul (drpd jualan ibuk sisa, jadi kemakan), bakul yg ngasih sisa dagangan ke ibuk, anak2 yg seneng dikasih makanan sama ibuk..
Hal yg sederhana itu membahagiakan banyak orang..
Sithik tapi berkah ki ngene nduk, deloken.. Kebaikan lumintu..nek boso jaman saiki ki opo kuwi jenenge?.. Istiqomah.,barokah.. . Nah kuwi..
Bukan uang yg ibu cari, krn pensiun dr bapak cukup kl utk ibu sendiri..
Hasil seko warung kelontong, mben dino ibuk dijatah 100rb nggo cekelan..
Bukan serakah yg ibu cari..
Tapi dr sisa tenaga belio ternyata bisa menularkan kebahagiaan buat orang2 sekitarnya..
Dari hasil julan nasi kuning, dll itu ibuk bisa “umume uwong”
Nyumbang tonggo yo iso, tilik wong loro yo iso, layat yo iso..
Dan ibu dengan tenaganya yg renta.. Selalu mau memberi amplop yg lebih utk tetangga yg sedang butuh..
Lha ibuk nek ngamplop pinten to? Yo nek pas mepet yo 100rb, nek pas ono yo 200rb.. Krn kl ada yg hjatan pasti ibuk dipunjung, nanti ngamplop, masih dikasih nasi sebakul..
Nek iso ngenehi luwih seko regone sego sik diwenehke awake dewe.. Jenengen wong nduwe gawe ki ra mesti wong turah duit, iso ugo mergo njogo projo (menjaga harga diri).. Koyo ngono ki wis adate wong jowo dadi kowe ki nek ngamplop diundang karo kancamu yo le ngamplopi dipanteske.. Dadi awake dewe ora membebani wong liyo…
Ngendikane ibuk :iki saiki okeh panganan tp ra ono sik maem.., ndisik pas kowe do cilik2 ,bapakmu wis ra ono, nek genduren awake dewe dilewati, soale ibuk ra mampu nyumbang, bukan ra gelem umum uwong, lha nggo mangan we susah kok kon nggo nyumbang, kelingan pora adimu pas pak A hajatan gede2an.. Nunggu dibagi genduren malah dilewati, trs adimu nangis njaluk endog coklat.. Ibuk mik meneng wae.. Wong ra nduwe duit nggo tuku ndog, nganti adimu kesel le nangis njuk bobok.. (aku menelan ludah,pedih kl ingat waktu itu)
Ndisik ibumu iki malah do di rasani..

Dan ketika sekarang tiap ada hajatan.. Nasi sebakul utuh, lengkap dgn lauknya, selalu ibu nyuruh adek saya utk diantarakan ke mbah A, simbok B yg dulu suka nyinyirin ibuk.. Mrk skrng sdh tdk bs apa2,tiap dianter besek mrk pasti nangis, kok ibuk inget ke mrk yg sdh tua..
Me : ibuk dendam?
Ibuk: ora nduk.. Ibuk mik kelingan saiki mbok B kae disio2 anake.. Arep maem wis ndadak dionek2ke.. Nek mbiyen deweke gaweane ngrasani ibukmu iki yo ben.. Tp ibuk mik arep mbales dgn kebaikan.. Ben lara ati iki iso terobati..
Ojo sok ngece wong ra nduwe yo nduk..wong nek ra nduwe dinyek ki larane susah ilange..
Me : ya Allah.. Buk.. Atiku. Mbrebes mili..
Sakit hati ibuk dihina ,dibalas dengan selalu memberi ..
Ibuku..
Di ujung usianya.. Kadang msh diomongin rakus dunia oleh tetangga krn msh mau jualan.. Tapi ternyata maksud belio adalah spy waktu yg tersisa msh bisa beramal sesuai kemampuannya..
Uang pensiun tdk pernah diambil, tapi bergiliran kami dikasih uang oleh belio berurutan 8 anak.. Jumlahnya sama, mau yg kaya atau miskin, hak nya sama.. Kata belio.. Iki jajan seko bapakmu😭😭
Iyaa..
35 th bapak sdh tdk ada..
Tapi nama baik bapak masih tetep ibuk jaga..
Pun ke 8 anaknya ibu membuktikan.. Bahwa bapak sdh tidak ada tapi msh memperhatikan anak2nya..
Begitu cintanya ibuku pd bapak.. Ketika bapak sdh tidak adapun belio mengajarkan kpd kami.. Bagaimana seorang wanita harus menjaga nama baik suami..
MasyaAllah..
Wanita renta ini.. Adalah ibuku..belio mengajarkan kpd kami..
Mencintai Tuhannya.. Dengan taat..
Memahami agamanya dengan adab
Bersyukurnya belio dengan cara kerja keras..
Karena ketika kita hidup tanpa pegangan agama..
Disitu kita hanya akan menjadi budak dunia..
Dan beruntungnya laki2 yg meminang 5 anak perempuan ibuku.. Karena kami mencintai suami kami, menghargai suami kami.. Seperti ibuku mencintai bapakku..

Quisque diam lorem, interdum vitae, dapibus ac

Vivamus eget nibh. Nam elit agna,endrerit sit amet, tincidunt ac, viverra sed, nulla. Donec porta diam eu massa. Quisque diam lorem, interdum vitae,dapibus ac, scelerisque vitae, pede. Donec eget tellus non erat lacinia fermentum. Donec in velit vel ipsum auctor pulvinar. Vestibulum iaculis lacinia est. Proin dictum elementum velit. Fusce euismod consequat ante. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Pellentesque sed dolor. Aliquam congue fermentum nisl.

  • Vivamus eget nibh. Etiam cursus leo vel metus.
  • Nulla facilisi. Aenean nec eros.
  • Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et.

Donec porta diam eu massa

Vivamus eget nibh. Nam elit agna,endrerit sit amet, tincidunt ac, viverra sed, nulla. Donec porta diam eu massa. Quisque diam lorem, interdum vitae,dapibus ac, scelerisque vitae, pede. Donec eget tellus non erat lacinia fermentum. Donec in velit vel ipsum auctor pulvinar. Vestibulum iaculis lacinia est. Proin dictum elementum velit. Fusce euismod consequat ante. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Pellentesque sed dolor. Aliquam congue fermentum nisl.

  • Vivamus eget nibh. Etiam cursus leo vel metus.
  • Nulla facilisi. Aenean nec eros.
  • Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et.

Nam elit agna, endrerit sit amet, tincidunt ac

Vivamus eget nibh. Nam elit agna,endrerit sit amet, tincidunt ac, viverra sed, nulla. Donec porta diam eu massa. Quisque diam lorem, interdum vitae,dapibus ac, scelerisque vitae, pede. Donec eget tellus non erat lacinia fermentum. Donec in velit vel ipsum auctor pulvinar. Vestibulum iaculis lacinia est. Proin dictum elementum velit. Fusce euismod consequat ante. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Pellentesque sed dolor. Aliquam congue fermentum nisl.

  • Vivamus eget nibh. Etiam cursus leo vel metus.
  • Nulla facilisi. Aenean nec eros.
  • Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et.

Praesent vel malesuada orci. Interdum et malesuada fames ac ante

Etiam molestie, neque et ultricies convallis, nunc nibh scelerisque turpis, eget maximus ipsum tellus non tortor.

Nulla porttitor, dolor id lobortis consequat, ligula justo hendrerit libero, vel rutrum neque sapien nec orci. Vestibulum et imperdiet dolor, id congue diam. Quisque lacinia eleifend nisl, sit amet hendrerit mi vehicula ut. Proin id faucibus leo. Sed ac eros sit amet nunc tempor efficitur vel et orci. Praesent vel malesuada orci. Interdum et malesuada fames ac ante ipsum primis in faucibus.